Analisa Persaingan Sebelum Usaha - Rencana bisnis adalah sebuah cara untuk lebih
memahami dimana anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda secara teori dan
terencana dapat berkembang dengan baik atau tidak. Sebab, dijaman yang dipenuhi
oleh persingan ini semuanya butuh perencanaan yang matang dan menganalisa
terlebih dahulu untuk mendapatkan strategi bisnis yang mengurangi persaingan
dan di nomor satukan pelanggan. Hal ini sangat
penting karena hanya dengan mengetahui rencana bisnis, maka kelanjutan bisnis Anda dapat dinilai dengan
baik oleh orang yang sudah paham dengan dunia bisnis. Keuntungan yang dapat
Anda perolah dengan membuat rencana bisnis atau usaha anda yang terencana
dengan baik adalah Anda dan dapat dengan memperoleh tambahan modal dll.
Nah, agar tahu bagaimana cara menyusunnya, maka sebelum itu sediakan
camilan sambil membaca. heee (becanda). Yuk disimak lanjutannya.
1. Meringkas Apa Rencana bisnis anda
Hal iniPerlu sebuah Pokok perencanaan Besar yang dapat menerangkan
secara ringkas seluruh rencana bisnis Anda yang dibuat dengan melihat susunan
daftar isi dari semuanya. Isi ringkasan rencana adalah harus jelas, singkat
,padat dan dapat memberi gambaran secara jelas apa tujuan bisnis Anda secara
keseluruhan ke depan.
2. Mendeskripsikan/ menggambarkan Rencana bisnis Anda
Biasanya berisi uraian singkat tentang usaha anda. menjelaskan situasi
industri Anda yang sedang berlangsung dan dibahas secara jelas dan rinci hingga kemungkinan apa saja yang mungkin
terjadi pada usaha anda di masa depan. Uraikan semua pandangan Anda dengan
bahasa yang jelas. Informasikan juga segmentasi pasar di industri Anda, yang
kelak akan meliputi penjelasan tentang aneka produk baru lengkap dengan
perkembangan untung dan ruginya suatu usaha yang dikelola oleh anda.
3. Strategi Pasar
Ini adalah hasil analisis secara
rinci terhadap pasar dan aneka tingkah lakunya. Hasil analisa pasar akan
membuat Anda dapat menentukan target pasar secara tepat, sehingga perusahaan
anda dapat dikembangkan ke arah yang sesuai dengan target pasar yang sudah
dibuat.
4. Analisis Pesaing yang ada
Tujuannya adalah untuk mengukur
kekuatan dan kelemahan pesaing produk Anda yang sejenis dengan produk yang anda
buat. Jika strategi pemasaran Anda baik, maka akan menjadi hambatan bagi
pesaing Anda, dan sebaliknya. Teliti semua kelemahan pesaing Anda kemudian
kembangkan produk Anda dengan tujuan untuk menyempurnakan semua kelemahan
produk pesaing yang ada.
5. Kembangkan dengan desain yang relevan dan mumpuni
Hal ini bertujuan untuk sajikan deskripsi produk dan bentuk layanan yang
akan disajikan untuk konsumen. Grafik perkembangan produk, marketing dan
perusahaan itu sendiri, pembuatan anggaran pengembangan untuk mencapai tujuan
sekaligus menarik investor.
6. Susun Rencana untuk Manajemen dan Operasional
Perlu perancangan untuk memberikan gambaran tentang fungsi operasional
dan manejemen bisnis secara berkelanjutan. Meliputi manajemen tim, serta
pembagian tugas sesuai jabatan. Perhitungan secara tepat besaran biaya untuk
operasioanl bisnis akan membuat keuangan bisnis anda diketahui hasilnya.
7. Pikirkan Faktor Pendanaan usaha anda
Tidak ada dana gimana mau usaha ? Faktor pendanaan selalu berada di
halaman terakhir dari sebuah rencana bisnis. Untuk dapat merinci secara jelas
sehingga tidak menutup kemungkinan akan menrik investor lain untuk bergabung
dengan usaha yang anda buat.
Begitulah kiranya Analisa yang saya temui dalam pembuatan maupun
pengembangan bisnis yang anda jalankan. Silahkan dicoba dan SALAM SUKSES.
0 komentar:
Post a Comment