Sunday, September 6, 2015

Membersihkan Ruang Pembakaran pada Sepeda motor

Membersihkan Ruang Pembakaran pada Sepeda motor – Banyak sekali hal yang terjadi pada sepeda  motor yang kita tunggangi setiap harinya baik untuk tansport biasa dan ada jga yang digunakan untuk membawa dagangan. Namun kebiasaan kita yang selalu lupa akan mengurusnya membuat kita ikut sengsara, karena ketika motor kita mogok kita bisa terlambat kerja atau juga hal buruk yang lainnya. Maka dari itu sekarang mari kita merawat dan mengenal ataupun mengetahui cara membersihkan ruang bakar pada motor kita. Karena ini membantu anda lebih hemat karena bisa merawat sendiri. Baiklah langsung saja kita lanjut ke intinya !
Ruang Pembakaran pada sepeda motor adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan bakar minyak. Kenapa disebut terpenting ? Karena proses yang ada dalam ruang pembakaran ini adalah sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanik yang membuat mesin menjadi bergerak ( yang menggerakan mesin).
Ruang Pembakaran atau yang biasa saya sebut Combustion Chamber dapat menjadi sangat kotor bila perawatan yang diakukan kurang telaten, apalagi yang jarang merawat motor biasanya tau enaknya ajah. Heee. Ketika anda kurang tahu merawat motor maka yang akan terjadi pada sistem/ruang bakar motor anda akan kotor dan bahkan berkerak dan ini adalah penyakit yang serius pada motor anda. Pada pemikiran orang kaya tentunya dengan menggantinya yang baru ketika sudah tidak layak pakai. Namun pada orang yang isi kantongnya ngepas dan ngga mau terbebani tentunya lebih memilih merawat sendiri.  Depostit kotoran dan kerak ini adalah akibat dari oli, bahan bakar, ataupun kotoran lainnya yang masuk melalui knalpot motor anda.
Deposit kotoran yang ada di dalam ruang pembakaran atau yang lebih parah bisa membuat mesin kehilangan kompresi  atau yang biasa disebut Loss Kompresi.   Gejala yang timbul biasanya adalah ketika kick starter / starter kaki yang kita injak, sama sekali tidak ada beban. Jadi kesimpulannya adalah sekecil apapun kotoran yang menempel diklep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Akibatnya jika anda tidak merawat motor kesayangan anda, maka anda akan terkena masalah jika sudah parah. Karena harus dibersihkan secara manual yaitu dengan cara Turun mesin ( Overhoule).
Oleh karena itu anda juga harus tahu merawat motor supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama masalah pembakaran yaitu dengan cara, Bersihkan secara rutin ruang bakar, misalya setiap 10.000 kilometer yaitu dengan bantuan Bustion Chamber Cleaner yang mudah didapatkan ditoko-toko mesin ataupun bengkel terdekat. Ciri-ciri dari Bustion Chamber Cleaner yaitu Berbentuk cair dalam botol kaleng, mirip dengan carburator cleaner hanya saja memiliki memiliki formula khusus untuk oksidasi kotoran dan membuang melalui knalpot. Lalu, Bagaimana cara/ Langkah-langkah untuk membersihkan dan cara penggunaannya tersebut ? Berikut langkahnya :
  1. Buka selang dari filter udara ke karburator, pada sambungan ( intake) Karburator.
  2. Nyalakan mesin motor anda, Kemudian tarik gas sampai ptaran tinggi ( RPM tinggi). Lalu semprotkan Combustion Chamber Cleaner melalui mulut karburator, usahakan mesin pada motor anda untuk jangan sampai mati. Ulangi sekali lagi dan kali ini kebalikan dari awal yaitu tarik gas sampai mesin mati. Kemudian biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja secara sempurrna.
  3. Setelah 15 menit berlalu, maka langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin motor anda dan tarik gas sampai RPM sedang dan tahan. Pada saat gas ditarik RPM sedang ini knalpot motor anda akan mengeluarkan asap putih pada knalpot yang baunya sangat menyengat. Saya sarankan agar memakai masker agar anda tidak sesak nafas karena berbahaya jika sampai terhirup. Tahan RPM sedang dalam beberapa menit sampai asap dan bau pada knalpot hilang.
Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat dan Sampai jumpa dipembahasan berikutnya.

Membersihkan Ruang Pembakaran pada Sepeda motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: