Sunday, September 6, 2015

Mengenal Java Script dan Kegunaannya

Mengenal Java Script dan Kegunaannya – Bagi yang baru lihat dan belum pernah mendengarkan java script dan tidak tahu sama sekali, pastinya akan kebingungan dan penasaran ada yang ingin tahu dan ada juga yang tidak. Bagi yang ingin tahu silahkan untuk meneruskan membacanya.
Java sript adalah bahasa scripting yang digunakan untuk membuat aplikasi web, sifatnya client-side sehingga dapat diolah secara langsung dibrowser yang digunakan tanpa harus menghubungkan langsung dengan server.
Jangan menghiraukan namanya yang menggunakan kata “java” akan tetapi Java script tidak berhubungan dengan bahasa pemrograman Java. Keduanya memiliki kemiripan dalam hal synttax yang meniru bahasa pemrograman C.
Nama awal dari java script yaitu LiveScript yang kemudian diganti karena adanya suatu perjanjian antara NetScape dengan Sun dengan balasan Netscape diperbolehkan untuk membundel browser mereka menggunakan Java dari Sun.
“Java Sript” Merupakan sebuah nama merek terdaftar yang diiliki oleh sun untuk Netscape Communication dan entitas lainnya seperti Mozila Foundation.
Kegunaan dari Java Sript yang paling utama adalah dalam pembuatan web  untuk menuliskan fungsi yang disisipkan kedalam HTML baik dengan cara langsung disisipkan maupun juga dapat diletakan dalam file teks dan di-link dari dokumen HTML. Beberapa contoh penggunaan Java Sript lainnya adalah sebagai berikut.

1.Digunakan untuk menampilkan jendela pop up yang bisa diatur ukuran,posisi, dan tampilan jendela baru contohnya adalah ketika kita menentukan menu,toolbar terlihat atu tidak.

2. Validasi form input untuk web dan memastikan apakah nilai yang diinput kesebuah form benar-benar berdasarkan tipenya atau tidak. Sebelum Akan di-submit ke server.

3. Mengganti sebuah gambar ketika pinter pada mouse didekatkan diatas mereka. Hal ini biasanya digunakan untuk menunjukan adanya sebuah link gambar.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan. Jika ada kekurangan mohon untuk memberi saran dan komentarnya dikolom yang sudah tersedia. Terimakasih dan Salam Semangat.

Mengenal Java Script dan Kegunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: