Thursday, January 21, 2016

Akibat Jika Sering Terlambat Makan

MSB - Serinngkali kita tidak menyadari akan kesehatan. Terutama pada saat kita telat makan karena sesuatu hal yang di haruskan dan juga tidak.  Sesuatu hal yang diaruskan biasanya ketika kita sedang kerja namun di tuntut untuk selesai hari itu juga.  Dan ada juga yang tidak diharuskan yaitu seringnya kebiasaan buruk pada diri kita yaitu ngelantur bermain game , main ke rumah teman atau juga hal lain yang membuat anda lupa dengan makan. Padahal makanan sangatlah di perlukan demi terpenuhinya suatu kebutuhan kinerja organ manusia. Selain berdampak mempunyai penyakit lambung yang  menghantui, kerja organ tubuh lainnya pun ikut terganggu. Berikut ini bahaya jika Anda terlalu sering telat makan.
akibat terlambat makan
Gejala Lambung karena telat makan

Mudah lelah dan murung jika terlambat makan

Pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir anda . Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya. Ujungnya Anda akan mulai merasa mudah lelah, lesu, dan jadi murung. Karena, gula darah yang rendah mempengaruhi memori, konsentrasi dan juga kinerja mental atau fisik.

Melambatnya Metabolisme

Metabolisme tubuh selalu berjalan, meski tubuh sedang beristirahat. Tujuannya adalah untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori. Jadi,pastikan Anda mengonsumsi kalori dengan jumlah cukup untuk menunjang proses pembakaran energi.
Apabila kita telat makan, maka secara otomatis metabolisme tubuh jadi ikut melambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh, agar bisa dibakar dalam waktu yang lama. Dampaknya, lemas dan tak bertenaga, sehingga aktivitas lainpun jadi ikut terganggu.

Menyebabkan Kram perut (Irritable Bowel Syndrome)

Makan teratur memiliki banyak manfaat untuk fisik dan juga pencernaan. Tapikebanyakan orang berpikir salah, yaitu berpikir dengan cara tidakn makan hal itu dapat menurangi berat badan. Atau bisa dijadikan diet.
Pasalnya, telat makan bisa menyebabkan Irritable Bowel Syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh adanya sindrom iritasi pada usus yang di akibatkan oleh pola makan yang salah ( tidak teratur )

Tanda stress

Hal ini dikarenakan, saat berhadapan dengan faktor stress secara fisik maupun mental, tubuh akan merespon dengan reaksi perlawanan alami. Bentuk-bentuknya bisa seperti lupa makan, sakit kepala, cemas dan mengalami keram perut. 
Itulah beberapa dampak apabila anda telat makan. Namun hal itu kembali lagi pada diri Anda. Jika ingin yang baik, maka pilihlah dengan tidak telat makan.  Karena mengingat dampaknya yang sangat  luar biasa. Padahal hanyadari hal yang sepele. Terimakasih sudah berkunjung  dan jika artikel ini menurut Anda baik, maka bagikanlah artikel ini untuk kebaikan pula di akun jejaring sosial anda. Salam Sehat

Akibat Jika Sering Terlambat Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: