Friday, January 15, 2016

Beberapa Komponen Motor Matic Yang cepat Rusak

Otomotif - Matic merupakan sepeda motor yang menggunakan sistem tanpa rante untuk jalannya roda hanya menggunakan drive belt. Biasanya motor Matic digunakan oleh kalangan remaja kebanyakan wanita, meskipun tak sedikit pria yang menggunakan motor Matic. Nah pada pembahasan kali ini kita akan menjabarkan hasil dari analisa kerusakan yang banyak sekali terjadi pada motor Matic. Apa sajakah itu  ? Mari kita simak !
Komponen motor matic yang cepat rusak bila tidak dirawat
Beberapa hal harus diperhatikan agar sepeda motor anda tidak NGADAT ketika dipakai ( dikendarai ). Namun, Kali ini yang akan dibahas adalah masalah  pada pengguna sepeda motor matik.
Pada sepeda motor matik terdapat empat penyakit musiman yang harus kita waspadai. Jika memang sebelum dilepas ke pasaran pasti sudah teruji untuk kelayakan pakai . Tapi tetap saja semua komponen pasti punya masa pemakaian seperti halnya usia manusia. heee
Biasanya semakin sering motor dipakai, maka semakin pendek umurnya. Apabila lupa mengganti komponen motor matic maka biasanya akan berdampak NGADAT. Apa sajakah komponen yang biasanya menyebabkan permasalahan dan mengakibatkan hal fatal. Ini dia dibawah ini silahkan dilanjutkan membacanya !

1. Drive belt ( Karet penghubung roda dengan mesin )

Pertama harus diwaspadai adalah drive belt. Spare part ini merupakan salah satu kelemahan yang ada pada motor matik. Komponen ini tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu. Jangan sampai putus di tengah jalan. Kalo putus di tengah jalan kan sayang sob.  heee

2. Ban

Diameter ban motor matik lebih kecil dibandingk motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak dan aus akan lebih cepat.

3. Kanvas rem

Pengguna motor matik biasanya akan lebih sering menekan tuas rem. Malah banyak yang tetap nekan tuas rem meski motor sedang jalan normal. Kebiasaan itu biasanya membuat kanvas rem jadi cepat habis.

4. Kopling

Prinsip kerjan kopling pada motor matik mirip dengan jenis motor lain. Tetapi karakteristik kopling di motor matik berbeda, pada motor jenis ini lebih banyak bagian yang berputar, mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya.
Kalau pengguna motor matik tidak meriksa secara berkala, harus siap-siap mengeluarkan tambahan uang untuk membeli part baru. Harganya pun lumayan mahal untuk motor jenis ini.
Itulah beberapa komponen yang sering rusak dan perlu diperhatikan jika ingin awet. Seperti biasa jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk membagikan pada akun media sosial anda. Terikmakasih sudah berkunjung dan salam otomania. heee

Beberapa Komponen Motor Matic Yang cepat Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: