Thursday, April 28, 2016

Tips membangun Brand Lokal Agar Mampu Bersaing Dengan Produk Asing

Brand atau Merek dagang menurut wikipedia adalah  nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi. Saat ini Brand atau Merek dagang yang ada di Indonesia semakin membanyak dibandingkan dengan Negara lain yang terdapat di Asia Tenggara. Hal itu menjadikan banyaknya Brand asli Indonesia yang mampu bersaing dengan produk luar Negri.
Tips membangun Brand Lokal
Membangun Brand
Namun ternyata masihada permasalahan didalam membangun Brand ini, yaitu mengenai banyaknya bisnis di Indonesia yang masih mengalami kesulitan untuk dapat menembus / mengalahkan persaingan dengan pesaing Asing. Pergerakan pasif Brand yang beredar banyak dibawah dominasi dari Produk Luar Negri. Mengapa Fenomena itu terjadi ? Padahal jika kita lihat lebih dalam kebenaran produk asli Indonesia juga memiliki kualitas setara, bahkan tak sedikit kualitas baik dari produk dalam Negri.
Jawaban dari pertanyaan diatas mampu kita jawab dengan satu alasan saja. Yaitu, Banyaknya konsumen yang gengsi memiliki produk lokal yang mengakibatkan produk dari luar negri laris manis terjual / banyak terjual. Sedangkan produk lokal sedikit peminatnya. Masyarakat Indonesia lebih melihat dari sisi gengsi dan membanggakan produk luar ketimbang menilik dari faktor fungsi. Hanya persepsi dari setiap konsumen yang bisa mempertimbangkan untuk menjatuhkan pilihan itu sendiri.
>> Artikel Lain : Riset sebelum mulai membangun Usaha atau Bisnis<<
Dari situlah muncul istilah pendekatan yang bernama Value Branding, dimana kita bisa meningkatkan brand lokal secara lebih untuk bisa melawan pesaing dari luar negri. Dalam pendekatan Value Branding itu, kita menemukan tiga unsur utama yang berpengaruh dengan produk. Untuk lebih jelasnya unsur apa saja dari pendekatan Value Branding ?  Mari kita lanjutkan.

1. Kualitas Produk

Unsur utama dalam value Branding adalah mengenai kualitas. Brand yang baik tentunya akan dilirik masyarakat dan banyak diburu untuk memilikinya. Peningkatan kualitas produk dapat mendobrak pesaing dari luar negri karena kepuasan yang dimiliki konsumen mengenai produk lokal yang kita kerjakan.
Apakah ini tidak ada masalah ? Jawabannya adalah masih. Kenapa ? Karena konsumen kita sudah semakin teliti dalam memilih produk yang akan dibeli. Infor masi yang sudah bertebaran dari berbagai produk  yang berasal dari luar negri membuat konsumen lebih menyukai brand tersebut dan membuat persaingan susah dikalahkan.
Untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat mengenai produk kita. Maka kita harus bisa memastikan bahwa kualitas dari produk kita memang mempunyai kualitas setara atau bahkan lebih baik dari produk luar yang memasuki pasar Indonesia.
Anda bisa melakukan pemastian kualitas tersebut dengan cara melakukan pengamatan terhadap kualitas produk yang sejenis baik lokal maupun produk asing. Dari situ kita bisa membrikan patokan harga dari standar kualitas yang kita miliki.

2. Faktor Nilai yang terkandung didalamnya

Faktor penting yang tidak bisa kita lupakan adalah mengenai Faktor penilaian dari suatu produk yang kita buat. Nah disini kita mempunyai dua faktor diantaranya adalah faktor abstrak dan nyata
Suatu Nilai dapat dilihat nyata apabila kita meleihatnya dari berbagai sisi yaitu biasanya mengenai fungsi, kemasan produk serta harga pemasaran produk. Sedangkan untuk penilaian abstrak kita bisa melihatnya dari sisi kesan emosional produk dan juga kualitas layanan yang diberikan pada konsumen.
Permasalahan dari faktor kedua ini adalah produk lokal lebih bersifat abstrak nilainya, yang tentunya masih sangat jauh dengan produk luar negri.

3. Komunikasi

Faktor yang ketiga dan terakhir ini yaitu bagaimana kita bisa mengelola sebuah brand dengan mengkominikasikan dengan konsumen. Produk luar negri lebih menang di dalam pemasaran produknya karena mereka bisa mengenalkan brand hingga keseluruh dunia. Hal ini tentu saja membuat brand mereka banyak dikenal dari pada brand yang kita miliki. Baca juga :
Mungkin itu saja tips mengenai Tips membangun Brand Lokal Agar Mampu Bersaing Dengan Produk Asing, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca atikel ini.  Jangan lupa SHARE dan bila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar yang telah tersedia dibawah. Salam Semangat dan Salam sukses.

Tips membangun Brand Lokal Agar Mampu Bersaing Dengan Produk Asing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: