Monday, May 23, 2016

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Protein

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Protein

Ciri-ciri Kekurangan Protein
msupriyono.com, kesehatan - Pengertian Protein secara umum merupakan kelompok dari makromolekul organik kompleks yang diantaranya terkandung hidrogen, okisgen, nitrogen, karbon, fosfor dan sulfur serta terdiri dari satu atau beberapa rantai dari asam amino. Sedangkan jika pengertian menurut ilmu gizi merupakan suatu kelompok makronutrisi berupa senyawa asam amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh. Protein tidak dihasilkan dari tubuh sendiri, protein didapat dari makanan yang kita konsumsi. Dari situlah kita mendapatkan protein.
Bagi seorang fitness mania, tentunya protein sangat dibutuhkan untuk masa pertumbuhan dan perbaikan ototnya. Itulah mengapa tubuh kita tidak boleh kekurangan protein. Selain untuk pertumbuhan dan perbaikan otot, protein juga dibutuhkan untuk kesehatan rambut, kulit, kuku dan juga anggota tubuh lainnya secara keseluruhan.
Seseorang tidak dapat mengetahui cukup dan kurangnya protein yang dia asupi pada tubuhnya. Oleh karena itu agar anda tahu, anda perlu mengetahui ciri-ciri tubuh yang kekurangan protein berikut ini.

1. Pertumbuhan Otot Melambat

Seperti yang tadi saya singgung diatas, bahwa orang yang kekurangan protein akan melambat pertumbuhan ototnya, terlebih jika seseorang itu adalah penggila olahraga fitness maka dapat dipastikan akan lemas setelah olahraga. Bayangkan saja ketika seseorang tersebut ketika olahraga tanpa asupan protein, malah yang ia dapatkan bukan bugar malah penyakit dan kelemasan. Kenapa saya bilang akan merasa lelah dan lemas ketika tanpa asupan protein ? Itu karena protein merupakan makronutrisi, yaitu sumber energi untuk tubuh. Karena itulah tubuh Anda tidak akan mampu membangun otot dengan maksimal.

2. Recovery / Perbaikan otot Lebih Lama

Nyeri otot seteah latihan berlebih atau yang biasa disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS). DOMS ini wajar oleh seorang fitness mania setelah latihan. Nyeri otot setelah latihan biasanya terjadi pada saat 24-72 jam setelah selesai dari latihan. Tubuh dapat dikatakan kekurangan protein jika sudah melewati batas waktu itu.
Sepeti yang dikatakan saya kembali diatas bahwa otot juga penting untuk masa perbaikan otot setelah latihan. Cukupilah protein untuk cepat terjadinya pemulihan otot.
Protein merupakan makanan utama bagi otot dan sangat penting bagi otot untuk memulihkan diri pasca dihajar dengan latihan keras. Jika asupan protein kurang, maka otot Anda juga akan lebih lama untuk pulih.
Baca juga :

3. Meningkatkan Risiko Cedera

Jika kekurangan protein bisa dipastikan akan retan terhadap cedera saat latihan. Kenapa ? Karena jika kekurangan protein maka masa recoveri / perbaikannya akan lama, dan pada saat lamanya perbaikan itu akan mengganggu peforma latihan anda pada hari berikutnya.

4. Sering Sakit

Protein juga membantu terjaganya sistem kekebalan tubuh. Apabila anda kekurangan protein, dapat dipastikan sistem kekebalan tubuh anda melemah. Sehingga menyebabkan tubuh anda mudah terserang penyakit.
Jika sistem kekebalan tubuh sudah melemah, maka tubuh anda akan kesulitan memproduksi sel darah putih, yaitu sel yang digunakan untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

5. Otot Menyusut

Pertumbuhan lambat, perbaikan lama, maka sudah pasti otot akan menyusut lama kelamaan karena kekurangan protein. Selain itu juga dapat membuat timbunan lemak lebih banyak dan anda sulit untuk mendapatkan apa yang ingin anda capai.

6. Rambut Rontok

Rambut rontok, kuku patah, biasanya disebabkan karena kekurangan protein. Saran saya bagi anda yang merasa kekurangan asupan protein adalah untuk mengambil makanan dengan sumber protein terbanyak, atau agar tidak bosan, maka anda perlu membeli suplement supaya tercukupi kebutuhan anda. Cukup sekian dari saya mengenai Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Protein. Jangan lupa share agar bermanfaat bagi orang lain.

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Protein Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: