Thursday, May 19, 2016

Sistem Pendinginan Pada Mesin Motor

SISTEM PENDINGINAN ( COOL SYSTEM )

Sistem pendinginan pada Sepeda Motor
Sistem pendingin merupakan sistem yang fungsinya menjaga agar temperatur mesin dalam kondisi yang semestinya . Pada kondisi ini pembakaran luar maupun pembakaran dalam melakukan pembakaran guna mendapatkan hasil energi dan mekanisme yang terjadi pada mesin akhirnya menjadi tenaga gerak.
Baca juga :

Tujuannya adalah :

  1. Mencegah Overheating / Panas yang berlebih pada mesin saat dihidupkan
  2. Membantu mencegah dari timbulnya kerusakan alat disebabkan mengembang. Biasanya yang terjadi adalah retak atau yang paling sering adalah macet.

Bagian yang memerlukan pendinginan :

  1. Cylinder head, lubang busi, dan klep
  2. cylinder pada lubang zuiger
  3. Minyak pelumas mesin ( motor 4 tak )
Sistem pendinginan pada sepeda motor ada tiga, diantaranya adalah Pendingin udara bebas, Pendingin udara paksa dan Pendingin air atau yang biasa disebut Radiator Sistem.
Baca juga :

A. Pendingin Udara Bebas

Pendingin udara bebas adalah pendingin yang memanfaatkan udara bebas masuk pada sela-sela rusuk . Biasanya Cylinder dengan udara bebas banyak digunakan pada motor dengan kecepatan dibawah 500 Cc.

Agar pendinginan selalu baik, maka diperlukan perawatan, dengan cara :

  1. Bersihkan rusuk pendingin secara teratur
  2. Jangan mengecat rusuk pendingin secara tebal
  3. Jangan memasnaskan motor terlalu lama
Agar selalu terhindar dari panas mesin yang berlebihan ( overheat ) maka sebisa mungkin untuk mendapatkan keadaan cylinder atau sela-sela rusuk agar selalu bersih.
Baca juga :
>>Cara Kerja Mesin Motor<<

B. Pendingin Udara Paksa

Pendingin udara paksa merupakan pendinginan dengan menggunakan sistem yang memaksa masuk dan mengalir melalui rusuk pendingin mesin dengan menggunakan kipas Blower, kipas ini biasanya sudah terpasang pada rotor magnetnya. Biasanya digunakan pada motor vespa , Lambreta dan Scuter Bajaj. Berbeda dengan Pendingin udara Bebas. Untuk pendingin udara paksa boleh memanaskan mesin atau mesin tidak jalan tetapi dipanaskan dengan lama.
Baca juga :

Cara kerja pendingin udara paksa :

  1. Fungsi Blower itu sendiri adalah bekerja menghirup udara segar agar masuk dan mengalir pada rusuk pendingin
  2. Untuk udara bekas akan keluar dari mesin pada saat panas

C. Pendingin Air ( Radiator Sistem )

Pendingin Air terbagi menjadi dua macam, antara lain : 
  1. Pendingin Air Bebas / Thermoshipon => Merupakan sistem Pendinginan Air yang Peredarannya secara alami. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan berat jenis ( BJ ) yaitu antara air panas dengan air dingin disebabkan karena berat yang berlainan. Yaitu air panas akan lebih ringan dari pada air dingin. Pendingin ini biasanya digunakan pada motor yang memiliki kekuatan Cc besar.
  2. Pendingin Air Paksa => Yaitu pendingin dengan peredaran paksa yang didapatkan oleh Pompa Air ( Water Pomp ). Digunakan untuk kendaraan yang perlengkapannya lebih banyak lagi.
Baca juga :
>>Terimakasih sudah Berkunjung. Jangan Lupa Share<<

Sistem Pendinginan Pada Mesin Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: