Wednesday, May 18, 2016

Uraian Mengenai Sistim Bahan Bakar pada Angka Oktan dan Alat Pembensinan

Sistim bahan bakar pada Angka oktan dan Alat pembensinan

A. Angka Oktan

Angka Oktan merupakan angka yang digunakan untuk membedakan jenis bensin yang pada dasarnya hanyalah sebuah angka perbandingan guna dipakai untuk menunjukan sifat ketahanan yang dimiliki suatu bensin terhadap suara gelitik atau biasa disebut DETONASI pada bensin.
Maka dapat diartikan bahwa suatu jenis mesin dibandingkan dengan bahan bakarnya yang memiliki ketahanan baik dan bakan bakar yang memiliki ketahanan jelek terhadap Detonasi.
Dapat diketahui ciri dari bahan bakar yang baik dapat diambil dari ikso oktan pemberian 100, sedangkan dengan bahan bakar kategori jelek diambil dari normal heptan 0.
Baca juga :
Nah, dari angka 100 dan 0, contohnya / misal 85 sebagai angka oktan bensin yang mempunyai angka oktan 85 berarti sifat ketahanan bensin terhadap Detonasi adalah campuran 85%  iso Oktan dengan 15% adalah normal heptan. Maka dari itu bukan berarti bahwa didalam bensin tersebut mengandung Iso oktan atau non oktan sebanyak itu, akan tetapi hanya dibandingkan dengan sifat ketahanan detonasi. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi nilai oktan, maka semakin baik juga ketahanannya terhadap detonasi. Oleh karena itu dapat diartikan pula semakin tinggi nilai oktan maka akan menghasilkan tenaga pembakaran didalam mesin lebih cepat dan baik. Begitu juga dengan sebaliknya, jika oktan bensin rendah maka mesin akan cepat menggelitik, tenaga kurang, mesin sulit dihidupkan yang terkadang pula mengakibatkan panas berlebihan / Overheating dan lainnya.
Baca juga :

Kesimpulan : Kebutuhan angka oktan untuk bensin pada sebuah motor telah disesuaikan dengan perbandingan tekanan atau kompresi dengan motor yang bersangkutan.

B. Alat Pembensinan ( Pesawat Pembensinan )

Apakah anda sudah tahu alat pembensinan meliputi apa saja ? Alat yang masuk dalam kategori pesawat pembensinan/ alat pembensinan adalah berupa Tanki bensin ( sudah sepasang dengan kran dan selang bensin ), Karburator, dan Saringan Udara. Mengenai hal itu, saya akan mencoba menguraikannya satu persatu dibawah ini. Silahkan dibaca dan dipahami agar lebih jelas.
Baca juga :

1. Tanki bensin

Merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyimpan persediaan bensin. Pasangan dari Tanki bensin adalah alat kran dan juga slang bensin.

- Kran Bensin atau Fuel pet cock

Berguna untuk berguna untuk mengatur aliran bensin pada tanki ke karburator. Selain itu juga berguna menjaga endapan kotoran atau air pada tanki

- Slang Bensin

Terbuat dari bahan karet dan plastik tahan panas sebagai penghubung dari kran tanki ke karburator.

2. Karburator

Karburator atau yang biasa disebut alat karburasi yang bekerja untuk mencampur udara dengan bensin pada perbandingan tertentu sehingga menjadi gas pembakar yang dibutuhkan oleh mesin motor.
Baca juga : 

3. Saringan udara

Dalam bahasa latin Air filter merupakan sebuah alat yang berguna untuk menyaring udara masuk melalui karburator agar udara yang terhisap selalu dalam keadaan bersih bebas kotoran masuk sehingga bisa membuat mesin selalu stabil ketika dihidupkan.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan untuk Uraian mengenai Sistim Bahan Bakar pada Angka Oktan dan Alat Pembensinan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like fanspage dan share artikel ini.
>>Terimakasih sudah berkunjung <<

Uraian Mengenai Sistim Bahan Bakar pada Angka Oktan dan Alat Pembensinan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: