Sunday, July 17, 2016

Cara Membuat Project Baru java menggunakan Eclipse

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarrakatuh.
Tampilan Eclipse di Linux Ubuntu
Kali ini admin mulai belajar materi programming awal. Hari ini adalah hari pertama pengenalan. Berhubung disini dikasih tugas secara langsung dan telah dikerjakan hari ini juga.
Baiklah, mari kita mencoba belajar membuat project Class Java menggunakan software editor Eclipse. Berikut langkah-langkahnya.


  1. Jangan lupa, download software Eclipse dulu pada situs Eclipse-nya yah.
  2. Setelah itu, Silahkan Install, Disini saya menggunakan Linux, Sehingga jikalau sobat disitu menggunakan Windows, maka jangan kaget dengan tampilannya. Karena hasilnya juga sama saja dan cara penggunaan juga sama. Mungkin hanya beda pada tampilan saja.
  3.  Lanjut, setelah download dan Install selesai, maka langkah yang dilakukan selanjutnya adalah membuka hasil installan Eclipse, atau biasanya ketika baru saja terinstall maka akan start up secara otomatis.
    Tampilan Awal ketika membuka Eclipse
  4.  Setelah itu kita pilih Create a New Java Project
  5. Maka akan muncul tampilan halaman baru yang berisikan perintah untuk mengisi nama yaitu pada Project Name silahkan namai. Disini saya memberikan contoh hasil praktikan saya dengan nama Pelajaran1 setelah itu klik finish.
  6. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Lihat bagian kiri atas, disitu terdapat nama project yang tadi kalian buat, silahkan klik icon segitiga atau bisa disebut anak panah. Maka akan muncul menu Src 
  7. Klik kanan pada menu Src , pilih new dan pilih Class
  8. Setelah itu akan muncul halaman baru lagi. Disitu silahkan isi Package. Disini saya mengisi dengan nama Pelajaranpertama, lalu isi Name dengan nama sendiri.
  9. Tambahkan Code atau Script berikut.
System.out.println("Hallo");

Setelah kode / Sciprt berikut.

// TODO Auto-generated method stub

Jika semua sudah tertulis, maka silahkan cek keberannya dengan cara klik Run. Dan lihat tampilannya pada bagian bawah aplikasi Eclipse.
NB : Jika terjadi error, silahkan teliti kembali script yang telah dibuat.
INGAT ! Jangan sampai salah dalam menuliskan script, kesalahan yang banyak sekali terjadi ada pada saat menulis huruf besar dan kecil. 

Cara Membuat Project Baru java menggunakan Eclipse Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: